Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kepercayaan merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian minyak goreng Bimoli pada masyarakat Desa Sampean Kecamatan Sungai Kanan

Siregar, Winda Safitri (2023) Pengaruh kepercayaan merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian minyak goreng Bimoli pada masyarakat Desa Sampean Kecamatan Sungai Kanan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200232.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Minyak goreng merupakan bahan pangan pokok yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam memasak dan mengolah makanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepercayaan merek, harga, promosi terhadap keputusan pembelian minyak goreng Bimoli pada Masyarakat desa sampean kecamatan sungai kanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaa nmerek, harga, promosi terhadap keputusan pembelian minyak goreng Bimoli pada masyarakat desa sampean kecamatan sungai Kanan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan ini pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel acak sederhana (syatematic random sampling).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, ujinormalitas, ujimultikolonearitas, uji heteroskedasitisitas, uji regresilinier berganda, uji koefisien determiniasi, uji signifikan parsial (uji t) dan uji simultan (uji f) dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalahTidak terdapat pengaruh Kepercayaan merek terhadap keputusanpembelianminyak goreng bimoli pada masyarakat desa sampean kecamatan sungai kanan. Ini dapat dibuktikan dilihat bahwa thitung< ttabel -1,023 < 1,66827 maka Ha1 ditolak Ho1 diterima, Terdapat Pengaruh Harga terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek Bimoli pada masyarakat desa sampean kecamatan sungai kanan. Inidapat dibuktikan dilihat bahwa thitung< ttabel8,637 > 1,66827 maka Ha2 diterima Ho2 ditolak, Terdapat Pengaruh Promisi terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek Bimoli pada masyarakat desa sampean kecamatan sungai kanan. Inidapat dibuktikan dilihat bahwa thitung<ttabel 3,505 > 1,66827 maka Ha2 diterima Ho2 ditolak. Hasil koefesiensi determinasiAdjusted R Square 0,862 artinya kolerasi antara variabelkepercayaan merek, harga dan promosi terhadap keputsan pembelian terjadi hubungan yang kuat. sebesar 0,826 atau(82,6%). Sisanya sebesar 17,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I.
Keywords: Harga; Kepercayaan merek; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:41
Last Modified: 18 Oct 2023 07:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9508

Actions (login required)

View Item View Item