Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mepengaruhi minat beli konsumen pada Rumah Makan Holat Binanga Padang Lawas ditinjau dalam perspektif Islam

Harahap, Melisa Warni (2023) Faktor-faktor yang mepengaruhi minat beli konsumen pada Rumah Makan Holat Binanga Padang Lawas ditinjau dalam perspektif Islam. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Semakin banyaknya usaha rumah makan yang berdiri dengan menu yang sama dengan Rumah Makan Holat Binanga Padang Lawas yang mengakibatkan berkurangnya minat beli konsumen pada Rumah Makan Holat Binanga Padang Lawas. Oleh karena itu pihak rumah makan harus mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap Rumah Makan Holat Binanga Padang Lawas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga secara persial dan simultan terhadap minat beli konsumen. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Holat Binanga Padang Lawas. Penelitian ini didukung oleh teori tentang adanya keterkaitan minat beli konsumen dengan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan memberikan peluang kepada konsumen untuk mendapatkan nilai produk yang sesuai dengan yang dibayar konsumen, sehingga pelanggan sangat ingin keberadaannya dihargai atau dilayani dengan sebaik mungkin. Oleh sebab itu, kualitas pelayanan sangat penting untuk meningkatkan minat beli konsumen. Kualitas produk merupakan kemampuan perusahaan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai dengan keinginan konsumen. Sementara harga yang tepat adalah harga yang sesuai dengan kualitas produk suatu barang dan harga tersebut dapat menarik minat beli konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah sampel 69 responden. Teknik analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F). Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Holat Binanga Padang Lawas, tidak terdapat pengaruh kualitas produk pada Rumah Makan Holat Binanga Padang Lawas, tidak terdapat pengaruh harga terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Holat Binanga Padang Lawas, terdapat pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga secara simultan terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Holat Binanga Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Ja’far Nasution, M.E.I
Keywords: Harga; Kualitas pelayanan; Kualitas produk; Minat beli konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:33
Last Modified: 18 Oct 2023 07:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9507

Actions (login required)

View Item View Item