Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan metode tutor sebaya siswa Kelas V SD Negeri 200501 Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Lubis, Nur Apidah (2023) Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan metode tutor sebaya siswa Kelas V SD Negeri 200501 Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran di SD Negeri 200501 Salambue masih menggunakan strategi ceramah, dan tanya jawab, jika hal ini terus berlangsung terus-menerus siswa akan merasakan tidak bersemangat ketika proses pembelajaran, hal ini bisa menyebabkan siswa tidak konsentrasi, mengantuk, dan bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Rumusan Masalah pada penelitian ini apakah penerapan tutor sebaya dalam proses belajar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan tutor sebaya siswa kelas V SD Negeri 200501 Salambue. Penelitian ini menggunkan Penelitian Tindakan Kelas menurut Kurt Lewin, Kurt Lewin mengatakan bahwa penjabaran dari penelitian tindakan kelas ini secara detail dalam dua siklus yang dimana setiap siklus melewati empat tahapan yaitu: perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi. Tujuan dari pelaksanaan ini untuk mengetahui apakah siklus 1 berhasil apabila belum berhasil maka di lanjutkan siklus II. Hasil Penelitian menggunakan metode tutor sebaya pada materi operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V. Terlihat dari peningkatan hasil belajar pemahaman konsep siswa yang terus meningkat disetiap pertemuan. Pada siklus I Pertemuan I siswa yang tuntas ada 8 siswa dengan rata-rata 51,66 dan presentase 33%. Siklus I pertemuan II siswa yang tuntas 11 siswa dan mempunyai nilai rata-rata 62,5 dengan presentase 46%. Pada siklus II Pertemuan I jumlah siswa yang tuntas 14 siswa dengan nilai rata-rata 82,25 dengan presentase 58%. Siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan nilai rata-rata 74,58 dengan presentase 83%. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri 200501 Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd.
Keywords: Metode tutor sebaya; Pemahaman konsep; Operasi hitung bilangan bulat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:11
Last Modified: 18 Oct 2023 07:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9505

Actions (login required)

View Item View Item