Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Babul Hasanah Manggis Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas

Lubis, Reni (2023) Penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Babul Hasanah Manggis Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi penerapan kurikulum 2013 mempunyai tiga faktor. Faktor yang pertama yang menjadi masalah adalah pendidik, kurangnya informasi dari pemerintah, sehingga guru tidak tahu informasi tentang kurikulum tersebut, yang kedua minimnya ketersedian media pembelajaran, dan yang ke tiga adalah permasalahan yang berkaitan dengan kurikulum itu sendiri sehingga proses pembelajaran peserta didik tidak maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja penerapan kurikulum 2013 di pondok pesantren babul hasanah manggis. Apa saja kendala penerapan kurikulum 2013 di pondok pesantren babul hasanah manggis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 di pondok pesantren babul hasanah manggis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menuggunakan logika ilmiah. Berdasarkan metodenya, peneliti ini menggunakan metode deskriftif kualitatif yakni penelitian-penelitian yang menggambarkan objek yang sesuai dengan keadaannya. Analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum yang dilaksanakan di pondok pesantren tersebut hanya fokus pada kitab kuningnya, sehingga terabaikan yang umum. Penerapan kurikulum di pondok pesantren tersebut lebih fokus pada kitab kuningnya karena itu sangat dibutuhkan dalam mata pelajaran pendidikan agama islam seperti: Tauhid, tasa’uf, fikh, dan pelajaran lainnya. Kendala yang berkaitan dengan kurikulum yaitu kurangnya sosialisasi atau pembinaan yang lebih mendetail baik dari pemerintah maupun dari pesantren mengenai kurikulum 2013, dan kurangnya persiapan dari segi sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Nusyaidah, M. Pd
Keywords: Penerapan; Kurikulum 2013; Mata pebelajaran pendidikan agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:04
Last Modified: 16 Oct 2023 08:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9498

Actions (login required)

View Item View Item