Putri, Nursamiah (2023) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita pada materi wudhu di tingkat SD Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100140.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hak untuk semua manusia baik normal maupun yang mempunyai hambatan dan gangguan dalam perkembangannya. Termasuk di dalamnya anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Anak tunagrahita pastinya memerlukan Pendidikan Agama Islam untuk kelangsungan hidup di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu, perlunya pengajaran dan pengetahuan kepada mereka untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu anak tunagrahita pasti memiliki problematika dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita pada materi widhu di tingkat SD Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati keadaan sekitar dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yakni penelitian yang menggambarkan objek sesuai apa adanya. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita di tingkat SD Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita pada materi pelaksanaan wudhu di tingkat SD Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan mencakup 2 aspek yaitu yaitu aspek siswa dan aspek tenaga pendidik. Aspek siswa meliputi keterbatasan dalam kemampuan berfikir, karakter anak, interaksi dan komunikasi, dan kehadiran siswa. Sedangkan dari tenaga pendidik yaitu minimnya tenaga pendidik, yang dimana hanya 1 guru Pendidikan Agama Islam saja yang ada di sekolah tersebut dan tidak ada guru pendamping.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd. dan Dr. Lis Yulianti Syafrida, S.Psi., M.A |
Keywords: | Problematika; Pendidikan agama Islam; Anak tunagrahita |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 09:33 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 09:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9496 |
Actions (login required)
View Item |