Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi perbandingan melalui model inquiry learning dengan media LKS pada siswa Kelas VII-B MTs Negeri 3 Aek Natas Kabupaten Labuhan Batu Utara

Yusup, Muhammad (2023) Kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi perbandingan melalui model inquiry learning dengan media LKS pada siswa Kelas VII-B MTs Negeri 3 Aek Natas Kabupaten Labuhan Batu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas VII-B MTs Negeri 3 Aek Natas Kabupaten Labuhan Batu Utara. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dengan bantuan media pembelajaran seperti media LKS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika tentang perbandingan di kelas VII-B MTs Negeri 3Aek Natas Kabupaten Labuhan Batu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang memiliki empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-B MTs Negeri 3 Aek Natas Kabupaten Labuban Batu Utara berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 17 orang perempuan, guru bertindak sebagai subyek pemberi tindakan, peneliti sebagai pengamat. Metode penelitian dilakukan dengan pengumpulan data melalui metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika mengalami peningkatan dengan model inquiry learning. Hal ini dibuktikan dari tindakan guru pada setiap pertemuan, guru memberikan motivasi belajar agar siswa semangat dan tidak bermalas-malasan di kelas, guru merangsang dan mengajak siswa untuk berpikir dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Model inquiry learning; Media LKS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:45
Last Modified: 13 Oct 2023 07:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9490

Actions (login required)

View Item View Item