Harefa, Darni Yanti (2023) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 6 Bozihoa Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh sekolah dalam menghasilkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang bermutu. Untuk itu rumusan masalah dalam penelitian ini apa saja problematika dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta bagaimana upaya yang dilakukan untuk keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk keberhasilan Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri 6 Bozihona kecamatan Idanogawo kabupaten Nias. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan diperoleh dari informen yaitu guru Pendidikan Agama Islam, siswa-siswi serta staf tenaga pengajar lainnya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, menyeleksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan waktu, ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian yang di dapat problem yang dihadapi dalam pengajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Bozihona: Hasil penelitian menemukan bahwa Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari problematika guru Pendidikan Agama Islam yaitu minimnya kompetensi paedagogik guru dalam menggunakan metode pembelajaran maka guru harus belajar memvariasikan dengan metode yang lain, dan guru harus menguasai dan memahami isi materi yang diajarkan. Problematika siswa yaitu kurang memahami materi yang diajarkan guru maka siswa harus lebih giat belajar, dan malas melaksanakan sholat fardhu siswa harus membiasakan dirinya melaksanakan sholat. Problematika sarana prasarana yaitu terbatasnya media pembelajaran yang hanya menggunakan spidol, papan tulis dan buku paket saja maka guru memanfaatkan fasilitas pribadi seperti HP, laptop dan speaker serta pihak sekolah juga berupaya untuk menambah fasilitas demi keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Samsuddin, M.Ag dan Dr. H. Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Problematika; Pembelajaran; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 03:12 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 03:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9489 |
Actions (login required)
View Item |