Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT Kimia Farma Tbk (2014-2021)

Salawati, Salawati (2023) Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT Kimia Farma Tbk (2014-2021). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

PT Kimia Farma Tbk adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda tahun 1817, tentunya target utama perusahaan ini adalah menciptakan laba semaksimal mungkin. Laba PT Kimia Farma Tbk mengalami fluktuasi dari tahun 2014-2021 triwulan 1-IV. Dan tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT Kimia Tbk dari tahun 2014-2021. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang akuntansi yaitu apabila biaya mengalami peningkatan maka laba juga meningkat. Adapun fenomena yang terjadi adalah penurunan laba di tahun 2017 dan 2019 tidak disebabkan oleh peningkatan Biaya. Fenomena tersebut tidak sesuai dengan teori bahwa peningkatan Biaya akan mempengaruhi peningkatan laba. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik nonpurposive sampling yaitu jenuh. Dalam penelitian ini terdapatkan 32 laporan keuangan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah data time series dengan triwulan terdiri dari 32 laporan keuangan. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 23. Teknik analisis yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel t-hitung > t-tabel yaitu(5,082 > 2,045) artinya Ha1 diterima, maka terdapat pengaruh antara variabel Biaya Produksi terhadap Laba Bersih, variabel Biaya Promosi memiliki thitung > ttabel yaitu (5,150 > 2,045) artinya Ha2 berpengaruh negatif terhadap laba Bersih. Sedangkan secara simultan variabel Biaya Promosi dan Biaya Promosi berpengaruh terhadap Laba Bersih dengan hasil uji F menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu ( 86,023 > 3,328) artinya Ha3 diterima. Sedangkan uji determinasi R2 square variabel sebesar 85,6%. Sedangkan sisanya 14,4% dijelaskan di variable lain seperti biaya pemasaran, biaya distribusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si. dan Ja’far Nasution, M.E.I.
Keywords: Biaya produksi; Biaya promosi dan laba bersih
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150108 Cost Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:09
Last Modified: 12 Oct 2023 08:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9486

Actions (login required)

View Item View Item