Bulqeis, Putri (2023) Analisis dampak relokasi pasar terhadap pendapatan pedagang Pasar Baru di Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi relokasi Pasar Baru Panyabungan yang sudah tidak teratur, akses menuju pasar yang sulit dan jarak pasar yang jauh, serta pasar yang terlalu luas. Lokasi menjadi aspek yang paling penting dalam perkembangan dan keberlangsungan usaha pedagang, yang akan mempengaruhi tingkat pendapatan dan juga keuntungan yang akan diperoleh oleh para pedagang di Pasar Baru Panyabungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari relokasi pasar terhadap pendapatan pedagang Pasar Baru di Panyabungan, untuk mengetahui dampak relokasi pasar bagi pembeli di Pasar Baru Panyabungan dan faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang setelah relokasi Pasar Baru di Panyabungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan ilmu ekonomi mikro. Sehubung dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori dampak dari relokasi pasar terhadap pendapatan pedagang. Pengertian dampak merupakan pengaruh kuat yang mendatangkan akibat, baik positif maupun negatif. Relokasi adalah pemindahan tempat atau memindahkan tempat. Pendapatan adalah hasil atau upah yang diterima oleh seseorang setelah melakukan suatu pekerjaan baik berupa aktivitas produksi barang maupun jasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah pedagang di Pasar Baru Panyabungan dan para pembeli yang berhubungan langsung dengan permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian melakukan pengecekan keabsahan data. Analisis data dengan cara klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa adanya dampak dari relokasi pasar terhadap pendapatan pedagang Pasar Baru di Panyabungan yaitu menghasilkan 2 dampak yaitu dampak positif berupa membuat bertambahnya lapangan dan kesempatan kerja pedagang baru yang sudah berdagang, dan dampak negatif berupa menurunnya pendapatan pedagang setelah relokasi Pasar Baru Panyabungan. Dampak relokasi pasar bagi pembeli di Pasar Baru Panyabungan setelah dilakukannya relokasi pasar yaitu pembeli kesusahan saat akan berbelanja, walaupun ada sisi positif dari relokasi Pasar Baru ini yaitu terbebas dari biaya parkir. Faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang setelah relokasi Pasar Baru Panyabungan, yaitu: 1) Akses jalan yang rusak, 2) Penataan tata letak kios yang tidak beraturan, 3) Sepi pembeli yang membuat aktivitas ekonomi pasar melemah, 4) Ekonomi masyarakat yang menurun dan, 5) Tempat relokasi pasar yang terlalu luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I. |
Keywords: | Relokasi pasar; Dampak; Pendapatan |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 08:02 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 08:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9471 |
Actions (login required)
View Item |