Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk keripik sambal singkong bersertifikasi halal di Kota Sibolga

Panjaitan, Laila Hasbiba (2023) Strategi pemasaran produk keripik sambal singkong bersertifikasi halal di Kota Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200251.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Keripik Sambal Kangen adalah salah satu usaha pusat makanan oleh-oleh khas Sibolga dan Tapanuli Tengah yang sudah bersertifikasi halal sehingga usaha ini mendapatkan perhatian masyarakat dan wisatawan di Kota Sibolga. Masalah dalam penelitian ini adalah usaha Keripik Sambal Kangen mengalami penurunan volume penjualan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk keripik sambal singkong bersertifikasi halal pada usaha Keripik Sambal Kangen di Kota Sibolga dengan metode Analisis SWOT menggunakan Matriks IFAS dan EFAS. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk keripik sambal singkong bersertifikasi halal pada usaha Keripik Sambal Kangen di Kota Sibolga. Pembahasan penelitian ini berkaitan tentang strategi pemasaran meliputi pengertian strategi, pemasaran, strategi pemasaran, bauran pemasaran, strategi pemasaran syariah, produk halal, sertifikasi halal, pelaku UMKM, pengertian produk Keripik Sambal Kangen yang berkaitan tentang gambaran umum dan struktur pengelola usaha Keripik Sambal Kangen, dan pengertian dari analisis SWOT. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran dengan 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process), dan analisis SWOT menggunakan Matriks IFAS dan Matriks EFAS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pemilik usaha dan karyawan Keripik Sambal Kangen, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS, dan matriks EFAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Keripik Sambal Kangen memperoleh nilai skor IFAS 3,38 yang menunjukkan bahwa posisi internal usaha ini cukup kuat, sedangkan pada nilai skor EFAS 3,74 menunjukkan bahwa usaha merespon peluang yang ada dengan cara menghindari ancaman-ancaman yang ada pada usaha Keripik Sambal Kangen. Selanjutnya terdapat empat strategi yang dapat diterapkan dari hasil matriks SWOT yaitu strategi SO dengan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar konsumen tertarik untuk membeli produk, memiliki hubungan baik dengan Pemasok dan meningkatkan kinerja karyawan. Strategi WO yaitu meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung keberlangsungan usaha dan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk seperti menambah varian rasa pada produk. Strategi ST yaitu meningkatkan kualitas produk dan mempertahan sertifikasi halal produk serta mempertahankan dan meningkatkan strategi pemasaran. Strategi WT yaitu meningkatkan mutu kinerja karyawan, menemukan ide baru untuk meningkatkan pemasaran produk dan menjaga hubungan baik dengan pemasok dan kenyamanan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Replita, M.Si. dan Rini Hayati Lubis, M.P.
Keywords: Analisis SWOT; Keripik sambal; Sertifikasi halal; Strategi pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:33
Last Modified: 11 Oct 2023 04:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item View Item