Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh disiplin, pelayanan, budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan pasien di UPT Puskesmas Sitinjak Kecamatan Angkola Barat

Harahap, Masli (2023) Pengaruh disiplin, pelayanan, budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan pasien di UPT Puskesmas Sitinjak Kecamatan Angkola Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh terdapat beberapa keluhan dari beberapa pasien yang berobat ke UPT Puskesmas Sitinjak Kecamatan Angkola Barat. Puskesmas adalah kunci pelayanan kesehatan dalam masyarakat akan tetapi terkadang apa yang mereka berikan belum sesuai dengan apa yang diinginkan pasien, karena tidak cukup efektif dalam membantu masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama dengan standar pelayanan kesehatan hal ini menyebabkan banyak pasien mengeluh dan kurang puas. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh disiplin, pelayanan, budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan pasien di UPT Puskesmas Sitinjak Kecamatan Angkola Barat baik secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin, pelayanan, budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan pasien di UPT Puskesmas Sitinjak Kecamatan Angkola Barat, baik secara parsial maupun simultan. Teori dalam penelitian ini adalah teori tentang kepuasan pasien, metode mengukur tingkat kepuasan, faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien, konsep kepuasan dalam prespektif islam. Teori-teori mengenai disiplin, pelayanan, budaya organisasi dan lingkungan kerja. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dan sumber data primer, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisian determinasi (R2), uji analisis regresi linear berganda, uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian secara parsial (uji t) disiplin, budaya organisasi dan lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien, sedangkan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Secara simultan (uji F) disiplin, pelayanan, budaya organisasi dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Windari, S.E., M.A
Keywords: Budaya organisasi; Disiplin; Kepuasan pasien; Lingkungan kerja; Pelayanan
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:18
Last Modified: 11 Oct 2023 03:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9462

Actions (login required)

View Item View Item