Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran group to group exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi kubus dan balok Kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan

Parinduri, Ratna Puspita Sari (2023) Pengaruh model pembelajaran group to group exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi kubus dan balok Kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan pada pokok bahasan kubus dan balok. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang kurang cocok menyebabkan aktivitas pembelajaran di kelas menjadi kurang efektif sehingga menyebabkan tujuan pembelajaran yang diinginkan kurang tercapai. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan jenis kelamin laki- laki, 2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan jenis kelamin perempuan, 3) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan perhitungan dengan analisis uji t terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan jenis kelamin laki- laki. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 5% diperoleh nilai t: diketahui nilai thitung 3.701 > ttabel 1,692 maka signifikan, kemudian pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan jenis kelamin perempuan diperoleh nilai t : diketahui nilai thitung 4,054 > ttabel 1,703 maka signifikan, kemudian pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh nilai t: diketahui nilai thitung 5,519 > ttabel 1,998 maka ada pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Almira Amir, S.T., M.Si.
Keywords: Model pembelajaran group to group exchange; Pemahaman konsep; Jenis kelamin
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:05
Last Modified: 10 Oct 2023 08:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9457

Actions (login required)

View Item View Item