Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Eucation (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linear DuaVariabel (SPLDV) Di Kelas VIII MTsN 3 Padang Lawas

Siregar, Mastiani (2019) Pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Eucation (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linear DuaVariabel (SPLDV) Di Kelas VIII MTsN 3 Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00098.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep siswa di MTsN 3 Padang Lawas dalam pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) masih tergolong rendah Pentingnya pemahaman konsep matematika terlihat dalam tujuan pertama pembelajaran matematika yaitu memahami konsep matematika, yang mereka pelajari dengan melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) atau yang lebih dikenal dengan matematika realistic. Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII MTsN 3 Padang Lawas sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII 203 siswa MTsN 3 Padang Lawas yang terdiri dari 8 kelas, Kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen 22 siswa dan kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol 22 siswa. Berdasarkan hasil uji t yang diperoleh dari hasil uji perbedaan rata-rata yang menunjukkan t hitung , maka terlihat penolakan penerimaan . Dengan demikian : diterima. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linear DuaVariabel (SPLDV) di kelas VIII MTsN 3 Padang Lawas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME; PemahamanKonsep; Sistem Persamaan Linear DuaVariabel (SPLDV)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:34
Last Modified: 24 Apr 2020 15:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item