Pulungan, Salumah (2023) Peranan orang tua siswa sekolah dasar dalam membimbing anak untuk belajar di Desa Huta Bargot Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720500083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah dalam penelitian ini bahwa di Desa Huta Bargot Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas masih banyak anak yang kurang perhatiannya pada pelajaran sehingga hasil belajar peserta didik masih sangat rendah, hal tersebut dapat dilihat bagaimana orangtua membimbing dan mendampingi proses belajar anak, karena orangtua memegang peranan yang sangat penting untuk meningkatkan prestasi anak. Tanpa dorongan dan motivasi dari orangtua, maka perkembangan anak mengalami hambatan dan bahkan menurun. Dengan dampingan juga perhatian yang diberikan orangtua dapat meningkatkan proses belajar anak, dan hasil belajar anak lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apa sajakah peranan orangtua dalam membimbing belajar anak untuk belajar, Apa kendala yang ditemukan dalam membimbing anak untuk belajar, dan Apa saja solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala orangtua dalam membimbing anak untuk belajar. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orangtua sangat penting untuk keberhasilan anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan Studi Kasus dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan Orangtua Siswa Sekolah Dasar dalam Membimbing Anak Untuk Belajar di Desa Huta Bargot Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas adalah: Mengawasi/meluangkan waktu, Memberikan motivasi, Memberikan nasehat, Memenuhi kebutuhan belajar anak, Memahami proses belajar anak, Memahami gaya belajar anak, dan Menyiapkan lingkungan belajar yang nyaman. Adapun kendala yang ditemukan: Kesibukan orangtua, Kelelahan orangtua, Kurangnya minat belajar anak, Pendidikan orangtua, dan Lingkungan belajar. Dan solusi untuk mengatasi kendala orangtua: Membagi waktu orangtua kepada anaknya, Membuat jadwal belajar dan bermain, Memanfaatkan waktu luang, Menyempatkan waktu orangtua untuk menanyakan aktivitas anak di sekolah, bermain atau selama tidak bersama orangtua, Memberikan hukuman bagi anak yang melanggar jadwal belajar dan bermain, dan Membuat les tambahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd. |
Keywords: | Peranan orangtua; Membimbing anak untuk belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 02:50 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9448 |
Actions (login required)
View Item |