Lubis, Sari Astuti (2023) Penggunaan gadget dalam proses pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah Swasta Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1620200040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari semakin berkembangnya teknologi pada zaman sekarang ini, salah satunya adalah gadget. Penggunaan gadget tersebut sudah semakin banyak memberi dampak negatif. Namun disamping dampak negatif yang ditimbulkan, terdapat pula dampak positif dari penggunaannya. Gadget tersebut bisa digunakan sebagai media untuk membantu memperlancar proses pembelajaran terutama pelajaran Matematika yang sebagian besar dianggap sulit dan membosankan bagi peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan gadget dalam proses pembelajaran Matematika di MTs Swasta Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo. Dan apakah faktor penghambat penggunaan gadget dalam proses pembelajaran Matematika di MTs Swasta Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo. Rumusan masalah ini merupakan tujuan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Matematika dan santri/ah kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Swasta Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru Matematika dalam menyajikan materi Matematika dengan menggunakan gadget sangat berpengaruh terhadap aktivitas peserta didik yang terlihat lebih semangat mengikuti pelajaran Matematika. Penggunaan gadget yang ditemukan adalah gadget tersebut digunakan oleh guru untuk menampilkan materi dan rumus Matematika dengan media powerpoint, dan juga untuk menampilkan gambar dan video yang berhubungan dengan materi Matematika yang abstrak. Namun penggunaan gadget yang belum ada di pesantren tersebut adalah guru tidak menggunakan gadget secara online di dalam ruangan untuk mencari soal atau permasalahan untuk dipecahkan bersama. Serta peserta didik tidak ikut menggunakan gadget tersebut di dalam ruangan. Juga faktor penghambat penggunaan gadget dalam proses pembelajaran Matematika masih ditemukan, diantaranya adalah sarana dan prasarana yang masih kurang memadai dan kurangnya keahlian guru dalam mengoperasikan infocus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | Gadget; Teknologi; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 02:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 02:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9447 |
Actions (login required)
View Item |