Manora, Risa (2023) Pengaruh country of origin terhadap harga smartphone melalui minat beli sebagai variabel intervening. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200328.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Country of origin merupakan pandangan dan penilaian dari konsumen akan citra negara dari suatu produk. Pandangan dan penilaian tersebut akan membentuk nilai baik atau buruknya suatu produk berdasarkan dari latar belakang negara yang memproduksi produk tersebut. Tentu saja hal ini akan memberikan suatu pertimbangan bagi konsumen untuk menimbulkan minat beli terhadap produk dan ini akan memberikan pengaruh terhadap harga dari produk tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh country of origin terhadap harga smartphone melalui minat beli sebagai variabel intervening. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan country of origin, harga dan minat beli. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis jalur (path analysis). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 77 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Uji data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, path analysis dan sobel test dengan menggunakan alat bantu statistik SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa diperoleh hasil pengukuran koefisien determinasi (R2) pada persamaan pertama sebesar 0,09% dan persamaan kedua sebesar 9%. Selain itu, pada hasil variabel country of origin berpengaruh terhadap minat beli,kemudian variabel country of origin berpengaruh terhadap harga smartphone dan variabel minat beli tidak berpengaruh terhdap harga smartphone.. Dari hasil pengujian uji statistik (uji f) bahwa country of origin dan minat beli secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap harga smartphone. Berdasarkan hasil sobel test dimana tidak terdapat pengaruh country of origin terhadap harga smartphone melalui minat beli sebagai variabel intervening.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E |
Keywords: | Country of origin; Harga; Minat beli |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 01:54 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 01:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9442 |
Actions (login required)
View Item |