Marito, Marito (2023) Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama'ah siswa SMP IT Bunayya Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100095.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah SMP IT Bunayya Padangsidimpuan merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kota Padangsidimpuan yang menyelenggarakan pendidikan tingkat menengah pertama (SMP). Sekolah tersebut dikenal dengan sistem pembelajaran melalui sistem Islam Terpadu (IT). Melalui sistem ini, para siswa di sekolah tersebut mendapatkan pendidikan yang seimbang antara pendidikan umum dengan Pendidikan Agama Islam. Salah satu hal yang menonjol yang dapat diperhatikan di sekolah tersebut adalah adanya keharusan bagi siswa untuk melaksanakan shalat berjamaah di mesjid yang berada di lingkungan sekolah. Pelaksanaan shalat berjamaah tersebut dapat berupa pelaksanaan shalat sunnah Duha maupun shalat wajib, seperti shalat zuhur dan ashar. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP IT Bunayya Padangsidimpuan mengikuti shalat berjama’ah dan untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa SMP IT Bunayya Padangsidimpuan mengikuti shalat berjama’ah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni dengan apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara dan studio dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP IT Bunayya Padangsidimpuan bagus yaitu memberikan pengarahan-pengarahan agar nantinya akan tumbuh kesadaran untuk membiasakan shalat berjama’ah hingga menjadi shalat itu bukan hanya sebagai kewajiban tapi kebutuhan. Adapun Gambaran kedisiplinan siswa SMP IT Bunayya Padangsidimpuan mengikuti shalat berjama’ah, bahwa disiplin dalam penggunaan waktu, semua guru SMP IT Bunayya Padangsidimpuan berperan penting dalam membuat jadwal kegiatan harian siswa-siswi agar tidak terlambat melaksanakan shalat berjama’ah seperti shalat dhuha, shalat dzuhur dan shalat ashar, dan proses pembelajaran lainnya, disiplin dalam beribadah itu sudah bisa dikatakan sudah terbiasa karena siswa-siswi telah mengikuti jadwal-jadwal yang ada di sekolah. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP IT Bunayya Padangsidimpuan adalah sebagai mediator dan sebagai evaluator. Gambaran kedisiplinan siswa dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan adalah disiplin dalam penggunaan waktu dan disiplin dalam beribadah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Mhd. Darwis Dasopang, M.Ag dan Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag |
Keywords: | Guru PAI; Kedisiplinan shalat berjama’ah; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 01:34 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 01:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9429 |
Actions (login required)
View Item |