Sir, Nur Atita (2023) Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di Kelas IV SD Negeri 0212 Sihaborgoan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV tema 5 subtema I Perjuangan Para Pahlawan muatan pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pertama kali di populerkan oleh Barrows dan Tamblyn (1980) pada abad ke 20. Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang bertujuan untuk merangsang terjadinya proses berpikir tingkat tinggi dan menggunakan masalah sebagai titik awal integrasi pengetahuan baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum, sesudah dan saat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 0212 Sihaborgoan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, yang mana pada penelitian ini yang menjadi objek adalah siswa kelas IV SD 0212 Sihaborgoan yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus dengan melakukan 4 kali pertemuan yang mana setiap satu siklus dilakukan dengan dua kali pertemuan dan setiap akhir pertemuan akan diberikan tugas ataupun tes untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat pada siklus I sudah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai seluruh rata-rata pada siklus I mencapai 57,4 menjadi 61,5. Selanjutnya hasil pada penelitian siklus II yaitu menunjukkan siswa yang memiliki ketuntasan belajar pada siklus ini terdapat 14 siswa dengan hasil presentase 63,18% dan dengan rata-rata 70,5, dan pada pertemuan ke-2 menjadi 18 siswa dengan hasil presentase mencapai 81,81% dan memiliki nilai rata-rata mencapai 82,36. Sedangkan siswa yang belum tuntas terdapat 6 siswa dengan hasil presentase 27,27% dan nilai rata-rata 70,5, dan di pertemuan ke-2 siswa yang belum tuntas menjadi 4 siswa dengan hasil presentase 18,81%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar Tematik Tema 5 Pahlawanku Subtema Perjuangan Para Pahlawan di SD 0212 Sihaborgoan tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 07:16 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 09:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9428 |
Actions (login required)
View Item |