Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran produk makanan ringan pada industri rumah tangga Lestari Kelurahan Wek IV Kota Padangsidimpuan

Rahmadani, Roma (2023) Analisis strategi pemasaran produk makanan ringan pada industri rumah tangga Lestari Kelurahan Wek IV Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Industri Rumah Tangga Lestari adalah usaha yang memproduksi produk makanan ringan seperti kerupuk 88 yang terbuat dari ubi. Industri ini berdiri pada tahun 1971. Pada tahun 2019 hingga tahun 2021 mengalami penurunan penjualan setiap tahunnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Produk Makanan Ringan Pada Industri Rumah Tangga Lestari dan apa saja kendala yang di hadapi oleh Industri Rumah Tangga Lestari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Produk Makanan Ringan pada Industri Rumah Tangga di Kelurahan Wek IV Kota Padangsidimpuan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Industri Rumah Tangga Lestari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran dengan 4P (product, price, place, promotion) devinisi apa saja yang harus dipahami dalam proses pemasaran antara lain: adanya kebutuhan, adanya keinginan, adanya permintaan, produk, nilai bagi pelanggan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dikelompokkan untuk di analisis yaitu dilakukan dengan langkah mereduksi data, mendeskripsikan data, dan mengambil keputusan serta verifikasi data. Teknik dalam menjadin keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Ibu Melva dalam peningkatan dan pengembangan usaha miliknya dilakukan dengan marketing mix yaitu pembauran antara pendapatan produk, harga, lokasi (tempat), dan promosi. Adapun kendala yang dihadapi Industri Rumah Tangga Lestari dalam menerapkan strategi pemasaran yaitu proses produksi masih menggunakan alat seadanya/manual, minimnya promosi, dan bahan baku yang sulit di dapatkan sehingga mengakibatkan menurun nya omset penjualan keripik 88 itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I.
Keywords: Pemasaran; Strategi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:43
Last Modified: 06 Oct 2023 01:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9419

Actions (login required)

View Item View Item