Mawanti, Mawanti (2023) Penerapan metode bermain dalam pembelajaran PJOK untuk meningktkan pengetahuan siswa Kelas V SD N 112303 Desa Ujung Padang Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya metode pembelajaran pada mata pembelajaran PJOK. Hal ini dilihat dari minat belajar siswa dalam pembelajaarn PJOK yang rendah. PJOK adalah pemebelajaaran yang digemari oleh siswa akan tetapi guru masih kurang kreatif dalam penerapan metode pembelajaran. Guru kurang kreatifnya guru dalam penerapan metode pembelajaran sehingga menjadikan proses pembelajaran menjadi monoton, dengan demikian peneliti meyakini bahwa dengan penerapan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian Apakah penerapan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan siswa pada materi permainan Bola Kasti kelas V di SD N 112303 Desa Ujung Padang?. untuk mengetahui penerapan metode bermain dalam belajar meningkatkan keterampilan materi permainanBola Kastil siswa kelas V di SD N 112303 Desa Ujung padang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian praktis untuk memperbaiki pembelajarandi dalam kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru ataun praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 112303 Desa Ujung Padang Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara, yang terdiri dari 20 siswa dengan perincihan siswa laki-laki berjumlah 10 orang dan siswi perempuan berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan metode bermain hasil meningkat keterampilan siswa melaluipenerapan metode bermain, hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan nilai siswa sebelum siklus dan setelah siklus yaitu sebelum siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 18,94% (4 dari 21 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 50, siklus I pertemuan pertama persentase ketuntasan siswa sebesar 61,90% (11 dari 21 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 74,52%, siklus I pertemuan kedua persentase ketuntasan siswa sebesar 61,90% (13 dari 21 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 74,52%, siklus II pertemuan pertama persentse ketuntasan siswa sebesar 76,19% (16 dari 21 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 80,23, siklus II pertemuan kedua persentase ketuntasan siswa sebesar 80,95% (17 dari 21 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 83,80. Karena persentase ketuntasan sudah mencapai yang diinginkan maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II pertemuan kedua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Keterampilan pembelajaran PJOK; Metode bermain; Sekolah dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 07:53 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 07:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9411 |
Actions (login required)
View Item |