Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan dan metode guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa Madrasah Aliyah Swasta PP Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Husnah, Nadiatul (2023) Peranan dan metode guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa Madrasah Aliyah Swasta PP Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100277.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak sudah melanjalankan perannya dengan cukup baik akan tetapi akhlakul karimah yang dimiliki siswa Madrasah Aliyah Swasta PP Tarbiyah Islamiyah Hajoran belum sepenuhnya baik, masih terdapat siswa yang berperilaku tidak terpuji seperti acuh tak acuh terhadap nasehat guru, bolos, terlambat masuk sekolah, merokok, dan kurang sopan dalam bertutur kata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran dan metode guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa Madrasah Aliyah Swasta PP Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan metode guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa Madrasah Aliyah Swasta PP Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis kualitatif dalam pengumpulan datanya melalui klasifikasi data, reduksi data, deskriptif data, dan menarik kesimpulan data. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Hasil penelitian ini adalah guru akidah akhlak berperan sebagai pendidik dan pengajar, mengajar dan mendidik siswa agar bersikap jujur, sabar, soapan santun dalam bertutur kata, ramah, disiplin dan patuh pada praturan tata tertib sekolah. berperan sebagai pembimbing guru akidah akhlak memberikan bimbingan kepada siswanya kearah yang lebih baik, sesuai dengan tujuan pendidikan sekolah untuk menciptakan generasi cerdas dan berakhlak mulia. Dan berperan sebagai penasehat, guru akidah akhlak memberikan nasehat berupa kata-kata yang baik dan lembut. Kemudian metode guru akidah akhlak yaitu metode pembiasaan, metode cerita, metode nasehat, metode pemberian tugas, metode pemberian ganjaran/hadiah dan metode pemberian hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd.
Keywords: Peran; Guru akidah akhlak; Membina akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:22
Last Modified: 05 Oct 2023 07:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9409

Actions (login required)

View Item View Item