Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode discovery learning melalui teknik cognitive defusion terhadap pemahaman konsep matematika siswa di SMA Negeri 1 Kualuh Hilir Labuhanbatu Utara

Srirahayu, Dedek (2023) Pengaruh metode discovery learning melalui teknik cognitive defusion terhadap pemahaman konsep matematika siswa di SMA Negeri 1 Kualuh Hilir Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak hal yang dapat menghambat kemampuan belajar siswa, bahkan sering terjadi kegagalan dalam proses belajar mengajar yang ditandai dengan pemahaman siswa yang belum mencapai seperti yang diinginkan. Hal ini dapat kita lihat dari nilai belajar siswa yang kurang memuaskan, ini menunjukkan bahwa prestasi belajar yang diraih siswa jauh dari apa yang diharapkan itu dikarenakan banyak siswa yang memilih diam dalam belajar karena pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sangatlah kurang. Ketika diberikan soal-soal latihan siswa kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini, apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam metode discovery learning melalui teknik cognitive defusion pada siswa, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman belajar Matematika siswa yang diajarkan memakai metode pembelajaran discovery learning melalui teknik cognitive defusion. Apakah pemahaman belajar siswa yang diajarkan memakai metode pembelajaran konvensional di kelas X siswa SMA Negeri 1 Kualuh Hilir Labuhanbatu Utara? Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran Matematikan dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning melalui teknik cognitive defusion terhadap pemahaman konsep Matematika siswa di SMA Negeri 1 Kualuh Hilir Labuhanbatu Utara? Pemahaman belajar siswa yang diajarkan memakai metode pembelajaran konvensional dan pengaruh yang signifikan pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning melalui teknik cognitive defusion terhadap pemahaman belajar Matematikan pada pokok bahasan Trigonometri di kelas X siswa SMA Negeri 1 Kualuh Hilir Labuhanbatu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen, populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hilir Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 46 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 siswa di kelas X-1 dan 24 siswa di kelas X-2 dengan menggunakan tes berbentuk uraian yang berjumlah 5 soal materi Trigonometri. Hasil uji persyaratan analisi data di peroleh kedua kelas sampel berdistribusi normal. Hasil uji-t yang di peroleh yaitu t_hitung> t_tabel= -3,45 > 2,016 maka H_0 di tolak dan H_a diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan Discovery Learning melalui teknik Cognitive Defusion dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Discovery Learning melalui teknik Cognitive Defusion pada materi Trigonometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Discovery learning; Pemahaman konsep matematika dan trigonometri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:47
Last Modified: 05 Oct 2023 02:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9400

Actions (login required)

View Item View Item