Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu paket internet (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam)

Harahap, Hiyasni Ayu (2023) Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu paket internet (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200338.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan tekonologi yang semakin hari semakin canggih. Manusia yang tak lepas dari berbagai macam kebutuhan hidup menjadikannya sebagai pasar yang potensial diberbagai produk, dituntut serba cepat dan harus tepat agar tidak kalah bersaing. Keputusan pembelian erat kaitannya dengan perilaku konsumen, karena perilaku konsumen merupakan unsur penting dalam kegiatan perusahaan. Perusahaan atau produsen pada dasarnya tidak mengetahui apa saja hal yang dilakukan konsumen pada saat akan melakukan pembelian suatu produk. Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen mengisyaratakan bahwa perusahaan perlu memerhatikan aspek perilaku konsumen terutama dalam pengambilan keputusan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kartu paket internet pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu paket internet pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori-teori perilaku konsumen, keputusan pembelian, kualitas produk, harga, dan promosi. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 77 responden. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji koefisien determinasi (R2), uji signifikansi parsial (t) dan uji simultan (F), dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kualitas produk (X1) dan promosi (X3) terhadap keputusan pembelian kartu paket internet pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, sedangkan harga (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu paket internet pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dan secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas produk (X1), harga (X2) dan promosi (X3) terhadap keputusan pembelian kartu paket internet pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Ferri Alfadri, M.E.
Keywords: Harga; Kualitas produk; Keputusan pembelian; Promosi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Oct 2023 09:32
Last Modified: 04 Oct 2023 09:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9395

Actions (login required)

View Item View Item