Suryani, Eli (2023) Metode pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100183.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah melihat dari peristiwa yang terjadi di zaman sekarang ini. Secara realita kita perhatikan sebagian besar dari lembaga pendidikan konsep yang diterapkan tidak sesuai lagi dengan aturan yang ada dalam Al-Qur’an. Untuk itu perlu mengkaji dan menggali kembali makna pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan akhlak menurut imam Al-Ghazali dan untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan Imam Al-Ghazali dalam pendidikan akhlak. Penelitian ini adalah penelitian perpustakaan atau riset (liberary research) metode yang digunakan yaitu metode diskriptif, untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan sumber data yaitu: data primer dan data skunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Al-Ghazali berpendapat bahwa Metode pendidikan Akhlak adalah “suatu cara atau usaha yang dilakukan untuk mengikuti/meneladani para nabi dalam segala hal dengan cara mempelajari dan memahami kitab Allah dan sunnah Rasulullah, Sedangkan langkah spesifiknya dalam pendidikan akhlak, beliau memilih metode yang digunakan para sufi, yaitu lebih terkonsentrasi pada muhajadah, menghilangkan sifat-sifat tercela dan mempersiapkan diri untuk menerima ilham dari Allah SWT. dan metode-metode yang dipakai Al-Ghazali dalam pendidikan akhlak sangat beragam di antaranya metode teladan, metode cerita, metode pemberian hadiah dan hukuman, metode diskusi, metode pembiasaan dan metode nasehat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A dan Nur Fauziah Siregar M.Pd |
Keywords: | Metode pendidikan akhlak; Menurut Imam Al-Ghazali |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 09:09 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 09:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9390 |
Actions (login required)
View Item |