Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru dalam meningkatkan minat membaca kitab kuning santri Pondok Pesantren Darul Falah Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas

Rambe, Rohima (2023) Peran guru dalam meningkatkan minat membaca kitab kuning santri Pondok Pesantren Darul Falah Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini melakukan kajian tentang peran guru dalam meningkatkan pembelajaran membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Falah Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Dalam studi awal menunjukkan bahwa guru melakukan berbagai peran yang berdampak secara positif terhadap peningkatan minat baca kitab kuning. Peran ini urgen dikaji secara mendalam sehingga dapat di konseptualisasi secara ilmiah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran guru dalam meningkatkan minat membaca kitab kuning santri dan apa saja kendala guru yang dihadapi dalam meningkatkan minat membaca kitab kuning. Sedangkan tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan minat membaca kitab kuning dan untuk mengetahui apa saja kendala guru dalam meningkatkan minat membaca kitab kuning. Metodologi yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif, instrument pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan tekhnik menjamin keabsahan data, dan tekhnik pengolahan dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan minat membaca kitab kuning santri di pondok pesantren Darul Falah Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, yaitu: peran guru sebagai konselor, dalam peran ini guru mengkonseling siswa teridentifikasi rendah minat bacanya. Peran guru sebagai edukator, dalam peran ini guru mendidik dan menuntun siswa untuk meningkatkan minat membaca. Peran guru sebagai fasilitator, dalam peran ini guru memfasilitasi siswa untuk meningkatkan minat membaca. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat membaca yaitu: minat santri-santriyah rendah dalam membaca kitab kuning, kurangnya sarana dan prasarana, tenaga pendidik untuk pembelajaran kitab kuning, penguasaan ilmu nahu sharaf sebagai kunci dalam membaca kitab kuning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A. dan Hj. Hamidah, M.Pd.
Keywords: Peran guru; Minat membaca kitab kuning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:40
Last Modified: 04 Oct 2023 04:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9384

Actions (login required)

View Item View Item