Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Kelas VII SMP Negeri 2 Barumun

Hasibuan, Wardiah (2023) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Kelas VII SMP Negeri 2 Barumun. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barumun melalui penerapan metode two stay two stray (TSTS) Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) pada pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barumun dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Barumun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajarankooperatif two stay two stray (TSTS) Pada pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Barumun dan mengetahui peningkatan hasil motivasi belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Barumun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencenaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa klas VII SMP Negeri 2 Barumun yang berjumlah 25 siswa, instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliuti lembar observasi dan indikator motivasi belajar, yang digunakan adalah analisis dan deskriptif kuantitatif dalam bentuk presentase. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan metode two stay two stray (TSTS) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Barumun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penigkatan pada setiap indikator motivasi belajar siswa dari siklus I ke- siklus II peningkatan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 14% dari skor rata rata siklus I sebesar 73% menjadi sebesar 87%dari skor rata-rata motivasi belajar siswa siklus II

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Metode two stay two stray; Motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:57
Last Modified: 03 Oct 2023 08:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9383

Actions (login required)

View Item View Item