Siregar, Helsi Meriza (2023) Penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (PRP) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa matematika siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1620200096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar matematika siswa. Untuk mengatasi masalah, pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs (PRP). Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Meningkatan motivasi siswa melalui model pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs (PRP) pada pembelajaran matematika di kelas VII MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan . (2) Meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di kelas VII MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. (3) Meningkatkan Kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Practic -Rehearsal Pairs (PRP) pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di kelas VII MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. (4) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VII MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan yang beralamat di JL. ARIF RAHMAN HAKIM NO. 3 PADANGSIDIMPUAN, WEK II, Kec. Padang Sidimpuan Utara, Kota Padang Sidimpuan, Sumatera Utara. Sedangkan waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dengan menggunakan dua siklus dengan empat tahapan, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Pada kondisi awal dari 24 siswa di kelas VII-B yang serius mengikuti pelajaran berjumlah 5 siswa dengan presentase 20,83% dan yang tidak terlihat serius mengikuti pelajaran berjumlah 19 siswa dengan presentase 79,17%. Pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang termotivasi berjumlah 6 siswa dengan presentase 25%, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 11 siswa yang termotivasi dengan presentase 45%. Sementara pada siklus II pertemuan I menunjukkan peningkatan dari siklus I pertemuan II yaitu jumlah siswa yang termotivasi berjumlah 17 siswa dengan presentase 70,83%, dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 21 siswa yang termotivasi dengan presentase 87,75%. peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Practice –Rehearsal Pairs (PRP)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Practice-Rehearsal Pairs (PRP); Meningkatkan motivasi belajar siswa; Materi aritmatika sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 08:50 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 08:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9370 |
Actions (login required)
View Item |