Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas XI MAS Al Ittihad Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu

Pohan, Rizki Kurniawan (2023) Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas XI MAS Al Ittihad Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100258.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukan bahwa dikelas tersebut pada pembelajaran fikih masih adanya siswa yang kurang aktif, tidak adanya persiapan dalam menerima pembelajaran, masih ada juga siswa yang tidak semangat belajar, malu bertanya dan bahkan sesama mereka masih ada yang tidak peduli dengan pelajaran dan tidak adanya hubungan timbal balik antara guru dan murid hal ini diakibatkan kurang efektifnya metode pembelajaran yang digunakan guru pada saat proses pembelajaran. Berdasarkan penjelasan dan permasalahan diatas yang telah ditemui maka seharusnya seorang guru harus menggunakan metode yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, adapun metode yang akan digunakan disini adalah metode demonstrasi, metode demonstrasi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MAS Al Ittihad, dan bagaimana perbandingan motivasi belajar siswa pada siklus I dan II. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan didalam kelas serta pendekatan yang dilakukan bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran dan kualitas pembelajaran melalui perubahan dengan dorongan guru untuk memikirkan praktik mengajar. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu motivasi belajar siswa terus meningkat dari siklus I sampai siklus II yang dihitung dari angket motivasi belajar siswa, pada siklus I dengan persentase 66,66% sebanyak 12 orang siswa yang memiliki motivasi dari 18 siswa dalam proses pembelajaran sedangkan pada siklus II dengan persentase 94,44% sebanyak 17 orang siswa yang memiliki motivasi belajar kategori sangat baik dari 18 siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fikih materi pernikahan dalam Islam di kelas XI MAS Al Ittihad Aek Nabara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Motivasi belajar; Siswa; Metode demonstrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:12
Last Modified: 02 Oct 2023 08:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9366

Actions (login required)

View Item View Item