Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum terhadap laba bersih pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk

Siregar, Rina Novianti (2023) Pengaruh biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum terhadap laba bersih pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200187.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Biaya yang dikeluarkan oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk., terus meningkat namun laba yang didapatkan menurun. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap laba bersih pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap laba bersih pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan akuntansi manajemen yaitu pembahasan tentang biaya pemasaran, biaya administrasi umum dan laba bersih. Teori dalam penelitian ini apabila biaya operasional meningkat, maka laba bersih yang didapatkan oleh perusahaan pun meningkat. Biaya operasional terdiri dari biaya pemasaran, biaya promosi, biaya administrasi dan umum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dari satu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Jakarta Islamic Indeks (JII) dari tahun 2014-2022 per triwulan dengan jumlah 35 sampel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 25. Hasil uji t menunjukkan biaya pemasaran berpengaruh secara parsial terhadap laba bersih. Sedangkan variabel biaya administrasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap laba bersih. Pada Uji F biaya pemasaran dan administrasi umum memiliki pengaruh secara simultan terhadap laba bersih. Maka dalam peningkatan laba bersih, sebaiknya perusahaan meningkatkan biaya pemasaran dalam memasarkan produknya, karena setiap kenaikan biaya pemasaran dapat meningkatkan laba bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si
Keywords: Biaya administrasi dan umum; Biaya pemasaran; Laba bersih
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:33
Last Modified: 02 Oct 2023 07:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9364

Actions (login required)

View Item View Item