Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran usaha Ondo Coffee Sipirok

Piliang, Ira Fauziah (2023) Analisis strategi pemasaran usaha Ondo Coffee Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200318.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Usaha Ondo Coffee Sipirok adalah suatu usaha yang memproduksi berbagai jenis kopi berupa kopi premium, greanbean, roastbean, fruity, bubuk kopi arabika dan robusta yang dikemas semenarik mungkin. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu pada strategi pemasarannya terutama dalam promosi yang masih menggunakan cara tradisional. Hal tersebut mengakibatkan masih banyaknya masyarakat terutama di daerah Tapanuli Selatan yang belum mengenal produk ini. Para pesaing (kompetitor) pun semakin banyak mengakibatkan persaingan di pasaran juga semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Usaha Ondo Coffee Sipirok terutama promosi agar masyarakat luar dan khususnya Tapanuli Selatan mengenal produk ini. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori-teori strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran dengan 4P (product, price, place dan promotion), dengan teknik analisis data berupa reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan serta beberapa penelitian terdahulu yang terdiri dari karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis kualitatif dan bersifat deskriptif. Subjek penelitian yaitu pimpinan (owner), karyawan bagian pemasaran, dan beberapa konsumen yaitu masyarakat Tapanuli Selatan sebagai pengguna serta pihak lain yang terkait dengan permasalahan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pada Usaha Ondo Coffee Sipirok masih menggunakan cara tradisional yaitu WOM (Word Of Mouth) marketing, artinya pemasaran yang dilakukan oleh konsumen dengan berbagi informasi soal produk ke orang lain atau disebut juga dengan pemasaran dari mulut ke mulut. Strategi pemasaran dan promosi produk Ondo Coffee Sipirok belum dilakukan dengan baik melalui media sosial dan online shop seperti facebook, instagram, youtube, twitter, shopee, tokopedia dan lain sebagainya. Pentingnya meningkatkan sosialisasi mengenai produk di dalam daerah untuk meningkatkan pemasaran, serta cepat tanggap jika terjadi kendala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Rini Hayati Lubis, M.P.
Keywords: Usaha Ondo Coffee Sipirok; Strategi pemasaran; Marketing mix
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:25
Last Modified: 02 Oct 2023 07:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9363

Actions (login required)

View Item View Item