Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh brand ambassador dan tagline terhadap keputusan mahasiswa Perbankan Syariah berbelanja di Tokopedia (studi kasus mahasiswa Perbankan Syariah NIM 19 UIN Syahada Padangsidimpuan)

Asroito, Asroito (2023) Pengaruh brand ambassador dan tagline terhadap keputusan mahasiswa Perbankan Syariah berbelanja di Tokopedia (studi kasus mahasiswa Perbankan Syariah NIM 19 UIN Syahada Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200253.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Fenomena Covid-19 pada tahun 2019 silam menyebabkan masyarakat yang semula berbelanja secara langsung menjadi tidak langsung (online). Oleh karena itu banyak market place berlomba-lomba untuk menarik pelanggan dengan cara membuat tagline atau bekerja sama dengan artis untuk menjadi Brand Ambassador. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Brand Ambassador dan tagline terhadap keputusan Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Syahada Padangsidimpuan khususnya nim-19 berbelanja di Tokopedia. Pembahasan dalam penelitian ini adalah mengenai Brand Ambassador sebagai variabel X1, Tagline sebagai variabel X2 dan Keputusan pembelian sebagai variabel Y. Oleh karena itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan bidang tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik sampling. Kemudian data dianalisis dengan program SPSS23 dan uji yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji regresi linear berganda. Dari hasil analisis diperoleh nilai t untuk Brand Ambassador sebesar 4.549 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan kata lain jika 0,000 < 0,05 maka hipotesis alternatife diterima. dan untuk variabel Tagline diperoleh nilai t sebesar 2.319 dengan nilai signifikan lebih dari taraf signifikan, (0,023 > 0,05) maka terdapat pengaruh antara Tagline dan keputusan berbelanja. Kemudian nilai dari f hitung sebesar 18.464 dan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima atau disetujui kebenarannya, artinya baik secara parsial ataupun simultan, terdapat pengaruh yang signifikan antara Brand Ambassador dan Tagline terhadap keputusan Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Syahada Padangsidimpuan berbelanja di Tokopedia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A. dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si.
Keywords: Brand ambassador; Tagline; Keputusan berbelanja
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Sep 2023 04:21
Last Modified: 30 Sep 2023 04:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9361

Actions (login required)

View Item View Item