Siregar, Rizky Atika (2023) Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap penjualan pada PT. Akasha Wira Internasional Tbk. tahun 2012- 2022. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200324.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Pada laporan keuangan PT. Akasha Wira Internasional Tbk. Tahun 2012-2022 terjadi fluktuasi. Pada tahun 2014 biaya produksi mengalami penurunan sedangkan penjualan mengalami peningkatan. Pada tahun 2018 biaya produksi mengalami peningkatan sedangkan penjualan mengalami penurunan. Pada tahun 2019 biaya produksi mengalami penurunan sedangkan penjualan mengalami peningkatan. Pada tahun 2013 biaya promosi mengalami penurunan sedangkan penjualan mengalami peningkatan. Pada tahun 2015 biaya promosi mengalami penurunan sedangkan penjualan mengalami peningkatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap penjualan pada PT. Akasha Wira Internasional Tbk. Tahun 2012-2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap penjualan pada PT. Akasha Wira Internasional Tbk. Tahun 2012-2022. Teori dalam penelitian ini mengenai penjualan yang membahas pengertian penjualan, pandangan islam terhadap penjualan, tujuan penjualan, faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan dan produksi yang membahas pengertian biaya produksi, jenis-jenis biaya produksi, pengaruh biaya produksi terhadap penjualan serta promosi yang membahas pengertian biaya promosi, tujuan dan strategi promosi. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data sekunder yang berasal dari website www.idx.co.id. Jumlah sampel sebanyak 43. Metode pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda menggunakan bantuan SPSS versi 26. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistic deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik (multikolinearitas, autokolerasi, heteroskedastisitas), Uji hipotesis (Uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Pada penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) pada variabel penjualan Ha1 diterima dengan nilai thitung>ttabel yang berarti terdapat pengaruh variable biaya produksi terhadap penjualan pada PT. Akasha Wira Internasional Tbk. Secara parsial (uji t) pada biaya promosi Ha2 diterima dengan nilai thitung>ttabel yang berarti terdapat pengaruh variabel biaya promosi terhadap penjualan pada PT. Akasha Wira Internasional Tbk. Secara simultan (uji F) adalah Ha3 diterima dengan nilai Fhitung>Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap penjualan pada PT. Akasha Wira Internasional Tbk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si |
Keywords: | Biaya produksi; Biaya promosi; Penjualan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150109 Budgetary Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 09:23 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 09:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9359 |
Actions (login required)
View Item |