Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD. HSB di Pasar Huristak

Harahap, Desi Anora (2023) Pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD. HSB di Pasar Huristak. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Kebutuhan konsumen yang meningkat dan bermacam-macam serta ingin mendapatkan segalanya dengan mudah menjadi peluang usaha bagi pelaku bisnis. UD.HSB di Pasar Huristak selaku pelaku bisnis harus mampu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen agar tidak berpaling ke pesaing lain. Harga yang terlampau mahal membuat kalangan konsumen ragu-ragu karena nilainya dianggap tidak ada. Produk yang memiliki citra merek yang baik cenderung mudah di ingat oleh konsumen. Rumusan masalah penelitian adalah apakah terdapat pengaruh harga dan citra merek secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD.HSB di Pasar Huristak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang simultan antara harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD.HSB di Pasar Huristak. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, citra merek dan keputusan pembelian. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa harga dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 67 responden serta teknik pengambilan sampel yang digunakan insidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket kemudian di analisis dengan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 24. Uji data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas, koefisien determinan R2, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyatakan variabel harga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD.HSB di Pasar Huristak. Untuk variabel citra merek juga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD.HSB di Pasar Huristak. Variabel harga dan citra merek terdapat pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD.HSB di Pasar Huristak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Idris Saleh, S.E.I., M.E
Keywords: Harga; Citra merek; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:56
Last Modified: 02 Oct 2023 02:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9345

Actions (login required)

View Item View Item