Hasibuan, Raisah Widiyanti (2023) Manajemen pelayanan calon jama’ah haji pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1830400015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah manajemen pelayanan calon jama’ah Haji pada kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pelayanan calon jama’ah haji pada kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan ?. bagaimana pengorganisasian pelayanan calon jama’ah haji pada kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan?. bagaimana pelaksanaan pelayanan calon jama’ah haji pada kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan?. bagaimana pengawasan pelayanan calon jama’ah haji pada kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan?. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian lapangan (Field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan sebenarnya di lapangan secara murni dan apa adanya. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan, Staf PHU. Sumber data sekunder yaitu dan 5 calon jama’ah Haji dan 5 orang yang sudah pernah mendapatkan pelayanan atau orang yang sudah melaksanakan haji. Instrumen pengumpulan data terdiri dari wawancara semi terstuktur, observasi non partisipan dan beberapa dokumentasi dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelayanan pada Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan terdiri dari, pendaftaran dan kuota Haji, pembatalan Haji, pengusulan jama’ah Haji Lansia, penggabungan mahram yang mendaftar terpisah, bimbingan manasik Haji, pembentukan kelompok regu dan kelompok rombongan, dan perlindungan jama’ah Haji. Berdasarkan kegiatan pelayanan tersebut menunjukkan bahwa manajemen pelayanan pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan belum efektif, jika mengacu kepada fungsi-fungsi manajemen yaitu Planning (perencanaan), Organizing (pengorganiasian), Actuating (pelaksanaan), dan Controling (pengawasan), dan unsur-unsur manajemen yaitu Man (manusia), Money (uang), Machine (mesin), Methods (metode), Material (material), dan Market (pasar), belum diterapkan secara optimal. Hal tersebut menjadi hambatan pada pelaksanaan manajemen pelayanan dalam peningkatan pelayanan calon jama’ah Haji pada kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag. dan Zilfaroni, S.Sos.I., M.A |
Keywords: | Manajemen; Dakwah; Pelayanan; Jama’ah haji |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 06:03 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 06:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9341 |
Actions (login required)
View Item |