Siregar, Muhammad Nuklir (2019) Efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam bidang studi pendidikan agama Islam siswa di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0183.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap materi belajar dan mempermudah guru dalam mengajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang efisien dan efektif. Dengan adanya media pembelajaran siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajara. Fenomena yang terjadi di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan ialah keterbatasan media pembelajaran di sekolah, serta belum sepenuhnya memahami bagaimana penggunaan media pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penggunaan media-media pembelajaran di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan, untuk menemukan kendala yang dialami guru dalm menggunakan media pembelajaran tersebut. Menemukan solusi dalam menangani kendala yang dihadapi dalam menggunakan media-media pembelajaran di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pembelajaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pendidikan, dan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitiannya yaitu analisis deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni sesuai dengan apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penggunaan media pembelajaran di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan adalah manusia (guru) sebagai objek yang dijadikan sebagai perantara atau penyampai pesan kepada siswa berupa materi pelajaran. Alat yang digunakan berupa tape recorder, LCD, radio, laptop, dan infocus. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan media pembelajaran tersebut adalah keterbatasan media pembelajaran yang tersedia, keterbatasan waktu, dan pengetahuan. Untuk mengatasi kendala yang ada, maka solusi yang diberikan ialah agar lebih memanfaatkan media yang ada, mempelajari media pembelajaran, memaksimalkan fungsi media pembelajaran agar lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Muhlison, M.Ag |
Keywords: | Media Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 04:10 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 02:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/934 |
Actions (login required)
View Item |