Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan stik aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi operasi hitung aljabar di Kelas VII SMP Islam Terpadu Alhusnayain Kecamatan Panyabungan

Nasution, Zulhana Rizky (2023) Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan stik aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi operasi hitung aljabar di Kelas VII SMP Islam Terpadu Alhusnayain Kecamatan Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini bahwa pemecahan masalah Matematika siswa dalam materi operasi hitung aljabar di kelas VII belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang variatif. Model pembelajaran belum menarik perhatian siswa. Siswa mengalami kesulitan memecahkan masalah Matematika. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) salah satu solusinya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan stik aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi operasi hitung aljabar di kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Alhusnayain Kecamatan Panyabungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan stik aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi operasi hitung aljabar di kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Alhusnayain Kecamatan Panyabungan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Alhusnayain Kecamatan Panyabungan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 152 siwa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yaitu 40 siswa. Sampel di kelas eksperimen yang diberi perlakuan 20 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 20 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan stik aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika pada materi operasi hitung aljabar di kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Alhusnayain Kecamatan Panyabungan sebesar t_hitung=8,43>t_tabel=2,101 maka H_a diterima dan H_0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si. dan Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Think Pair Share; Operasi hitung
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:06
Last Modified: 25 Sep 2023 04:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9334

Actions (login required)

View Item View Item