Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas poduk dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Pabrik Tahu Tempe Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Isma Hidayah (2023) Pengaruh kualitas poduk dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Pabrik Tahu Tempe Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200191.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan suatu tanggapan dari seorang konsumen atas kinerja yang telah diberikan yang harus sesuai dengan harapan konsumen. Kualitas produk yang tidak sesuai dengan harapan pelanggan dan juga pelayanan yang di berikan sangat minim dirasakan pelanggan sehingga banyak pelanggan pabrik tahu tempe Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara yang tidak melakukan pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di pabrik tahu tempe Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan, kualitas produk, dan pelayanan. Serta membahas hubungan kualitas produk dengan kepuasan pelanggan, dan hubungan pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan cara langsung mendatangi responden ke tempat penelitian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 pelanggan. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampaling yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistic deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di pabrik tahu tempe Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Dan variabel pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di pabrik tahu tempe Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Sedangkan secara simultan variabel kualitas produk dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di pabrik tahu tempe Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Sarmiana Batubara, M.A
Keywords: Kualitas produk; Pelayanan; Kepuasan pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:36
Last Modified: 25 Sep 2023 03:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9331

Actions (login required)

View Item View Item