Febyani, Bunga (2023) Partisipasi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa SMA Negeri 2 Kampung Rakyat Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100182.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan beberapa kenakalan siswa yang ada di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat, hanya sebatas kenakalan yang dilakukan siswa pada umumnya. Salah satu faktor siswa melakukan kenakalan yaitu faktor keluarga dan pergaulan, sehingga melibatkan guru Pendidikan Agama Islama dalam mengatasi kenakalan tersebut. partisipasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan dapat berupa nasihat dan penanaman akhlak kepada siswa SMA Negeri 2 Kampung Rakyat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apa saja jenis-jenis kenakalan siswa di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat, Bagaimana partisipasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat, Apakah ada program sekolah untuk mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan dilapangan secara murni. Dalam menentukan informan, teknik yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primernya terdiri dari 1 kepala sekolah, 2 guru PAI, 6 Siswa SMA Negeri 2 Kampung Rakyat. Sumber data sekunder terdidri dari buku-buku dan dokumentasi yang berhubungan dengan kenakalan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat masih tergolong kenakalan yang dilakukan siswa seusianya, seperti terlambat datang ke sekolah, terlambat masuk pada jam pelajaran, keluar sekolah tanpa izin, bolos sekolah. Sedangkan faktor-faktor penyebab kenakalan siswa ada dua, yaitu faktor internal yang berasal dari proses pencarian jati diri, sedangkan faktor eksternal yaitu faktor keluarga dan faktor pengaruh pergaulan teman sebaya. Dalam mengatasi kenakalan siswa guru PAI memiliki partisipasi : guru sebagai korektor, guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai evaluator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A. dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi. |
Keywords: | Guru PAI; Partisipasi; Kenakalan siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 09:05 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 09:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9322 |
Actions (login required)
View Item |