Dalimunthe, Tuti Halawiyah (2018) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sigalangan Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Skiripsi ini berjudul strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Permasalahn dalam penelitian ini terkait tentang strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, kendala dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan solusi guru dalam mengatasi kendala pemebelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sigalangan Kecamatan Batang Angkola. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, apa kendala dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan bagaimana solusi guru dalam mengatasi kendala strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sigalangan Kecamatan Batang Angkola. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, kendala dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, dan solusi guru dalam mengatasi kendala strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sigalangan Kecamatan Batang Angkola. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika deskriptif yaitu dengan menggambarkan dan menginterpretasikan objek yang sesuai dengan apa adanya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan wawancara. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini, bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah ini masih terlaksana dengan baik. Diantara strategi yang sering diterapkan oleh guru PAI adalah dengan strategi belajar individual, strategi belajar dengan bentuk kelompok, dan strategi belajar dengan bahan pelajaran disajikan kepada siswa dalam bentuk jadi dan siswa dituntut untuk menguasai bahan tersebut. Kendala yang dialami oleh guru yaitu kurangnya minat serta bakat siswa belajar pendidikan agama Islam, adanya prinsip siswa yang hanya mengikuti proses pembelajaran saja, dan sedikitnya waktu untuk proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Solusi guru dalam mengatasi kendala strategi pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut yaitu dengan memberikan motivasi kepada siswa-siswanya, dengan menggunakan media pembelajaran yang relevan, diantaranya media infokus, dan dengan menciptakan hal-hal yang baru yang mampu mengahdirkan suasana yang berbeda ketika proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Dame Siregar, MA dan Muhlison, M.Ag |
Keywords: | Strategi; Pembelajaran PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 03:46 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 07:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/932 |
Actions (login required)
View Item |