Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 101507 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan

Pane, Devi Puspita Sari (2023) Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 101507 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitan bahwa keaktifan belajar peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar (SD) Negeri 10507 Hutatonga Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 65 % dengan menerapkan model pembelajaran yang monoton. Peserta didik ditemukan mencatat dan mengerjakan tugas tanpa memperhatikan penjelasan dari guru. Pembelajaran monoton berdampak pada hasil belajar. Hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar (SD) Negeri 10507 Hutatonga. Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar (SD) Negeri 101507 Hutatonga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Metode penelitian dari segi jenis adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melaksanakan dua siklus. Pelaksanaan siklus dengan mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar (SD) Negeri 101507 Hutatonga yang berjumlah 20 peserta didik yaitu 9 laki-laki dan 11 perempuan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Quantum Teaching pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari nilai pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 4 peserta didik dalam persen sebanyak 20%. Siklus I pertemuan ke-2 peserta didik tuntas sebanyak 7 peserta didik dalam persen sebanyak 35%. Siklus II pertemuan ke-2 peserta didik yang tuntas sebanyak 16 peserta didik dengan persentase 80%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV semester Ganjil SD Negeri 101507 Hutatonga Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Penerapan model Quantum Teaching pada pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan 4 tahapan, yaitu merumuskan masalah, hipotesis, rancangan/pengujian dan menyimpulkan dengan manggunakan media pembelajaran yang disediakan oleh guru berupa media gambar yang di gunakan pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Quantum teaching
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:35
Last Modified: 22 Sep 2023 08:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9319

Actions (login required)

View Item View Item