Nasution, Aflan (2022) Penerapan pembelajaran daring di Sekolah Dasar Negeri 200208 Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan pembelajaran daring di Sekolah Dasar Negeri 200208 Sihitang, kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana penerapan pembelajaran daring di Sekolah Dasar Negeri 200208 di Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, 2. Apa hambatan pembelajaran daring di Sekolah Dasar Negeri 200208 di Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, 3. Bagaimana mengatasi hambatan pembelajaran daring di Sekolah Dasar Negeri 200208 di Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Adapun tujuan dari penetia ini adalah 1. Untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring di Sekolah Dasar Negeri 200208 di Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, 2. Untuk mengetahui hambatan pembelajaran daring di Sekolah Dasar Negeri 200208 di Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, 3. Untuk mengetahui bagaimana mengatasi hambatan pembelajaran daring di Sekolah Dasar Negeri 200208 di Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data adalah observasi wawancara, dan dokumentasi. Kemudian thenik keabsahan data adalah ketekunan pengamatan dan keikutsertaan serta triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran daring siswa adalah guru menyiapkan bahan-bahan pembelajaran, proses pembelajaran mnggunakan aplikasi WhatsApp Group, siswa-siswi mempelajari mata pelajaran dan mengerjakan tugas, guru memberikan penjelasan jika ada pertanyaan dar siswa dan mengantar tugas yang diberikan guru. Adapun penghambat proses pembelajaran daring adalah peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan, ada sebagian murid yang tidak mempunyai HP android yang digunakan sebagai media pembelajaran daring, keterbatasan paket data dan latar belakang orangtua. Adapun solusi yang diterapkan dalam mengatasi masalh ini adalah mengharuskan orangtua untuk mendampingi anak ketika belajar, siswa boleh datang kesekolah agar dibantu guru, mengikuti program pendidikan lewat siaran televisi yang diselenggarakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan yang diharapkan kepada orangtua agar dapat mebagi waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Penerapan; Pembelajarn; Daring |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 02:00 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 02:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9302 |
Actions (login required)
View Item |