Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendidikan Islam non formal di Desa Kepenghuluan Kota Parit Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir

Dona, Roma (2022) Implementasi pendidikan Islam non formal di Desa Kepenghuluan Kota Parit Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi pendidikan Islam non formal (majlis ta’lim) di Desa Kepenghuluan Kota Parit Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya salah satu lembaga pendidikan yang berusaha menjadi wadah-wadah perempuan-perempuan yang memiliki semangat menghidupkan pendidikan Islam non formal dalam kehidupan sehari-harinya. Di mana majlis ini tidak luput akan adanya pendidikan agama Islam yang diberikan oleh pengajarnya terutama dalam hal aqidah dan ibadah. Dari hal itu dibutuhkan bagaimana sistem pelaksanaan, materi, kegiatan serta kendala dalam pendidikan Islam non formal (majlis ta’lim) di Desa Kepenghuluan Kota Parit Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah pengertian implementasi, unsur-unsur implementasi, model implementasi, pendidikan Islam non formal, tujuan pendidikan Islam non formal, objek pendidikan Islam non formal, metode dan strategi pendidikan Islam non formal, majlis ta’lim, syarat majlis ta’lim, peren, majlis ta’lim, fungsi, majlis ta’lim, metode majlis ta’lim, jenis-jenis majlis ta’lim dan implementasi majlis ta’lim. Penelitian ini menggunakan metode lapangan (filed researd). Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Data-data ini diperoleh dari informasi peneliti dengan menggunakan cara observasi langsung serta wawancara dengan jenis wawancara terbuka kepada subjek penelitian. Sedangkan teknik analisis data dengan cara pengorganisasian data, membaca dan menelaah serta mengelompokkan data. Berdasarkan hasil penelitian sistem pelaksanaan pendidikan non formal (majlis ta’lim) di Desa Kepenghuluan Kota Parit Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir sudah 1. sesuai dengan prosedur yang diharapkan dan sudah dilaksanakan dengan efektif dan efisien sesuai dengan apa yang telah menjadi rencana sehingga proses pelaksanaan tersebut dapat terlaksana dan dapat mencapai tujuan yang dikehendaki, 2. materi dan kegiatan pendidikan non formal (majlis ta’lim) di Desa Kepenghuluan Kota Parit Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir, seperti pembacaan ayat suci Al-Qur’an, akidah, ibadah, tasawuf dan adapun kegiatannya berupa ceramah, pembacaan Al-Barzanji, serta Nasyid. 3. Adapun hambatan yang menjadi kendala dalam proses pelaksanaan pendidikan non formal (majlis ta’lim) di Desa Kepenghuluan Kota Parit Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir seperti kurang disiplin waktu, kurang keberanian serta daya ingat jamaah yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Mhd. Darwis Dasopang, M.Ag. dan Muhlison, M.Ag.
Keywords: Implementasi; Pendidikan Islam non formal; Majlis ta’lim
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:47
Last Modified: 21 Sep 2023 01:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item View Item