Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga, pelayanan, kualitas produk dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Indah Sejenak

Hayati, Nilma (2023) Pengaruh harga, pelayanan, kualitas produk dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Indah Sejenak. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200326.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Rumah makan Indah Sejenak berusaha memberikan harga yang terjangkau namun mempertahankan kualitas produknya, memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Kepuasan pelanggan menjadi potensi bagi bisnis untuk pertumbuhan dan perkembangan penjualan jangka panjang. Peneliti melakukan wawancara dengan pelanggan dan terdapat keluhan yang mengatakan harga yang dibuat rumah makan Indah Sejenak mahal, cepat tanggap pelayan terhadap kebutuhan pelanggan masih kurang dan kualitas produknya yang kurang baik, serta lokasi yang strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, pelayanan, kualitas produk dan lokasi secara persial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Indah Sejenak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori para ahli dimana kepuasan pelanggan adalah perasaan pelanggan setelah membandingkan dengan harapannya. Harga adalah nilai barang yang dinyatakan dengan uang. Pelayanan adalah kemampuan pelayanan untuk dapat memenuhi harapan konsumen. Kualitas produk adalah karakteristik untuk memuaskan kebutuhan pelanggan dan lokasi merupakan saluran distribusi yang dipakai untuk berpindahnya produk. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 33 butir pernyataan dengan jumlah sampel sebanyak 69 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas,uji heteroskedasitas, uji autokorelasi, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f,dan uji koefisien determinan R2. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial harga, pelayanan dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu harga sebesar 4,678 > 1,66901, pelayanan sebesar 3,832 > 1,66901 dan lokasi sebesar 3,162 > 1,66901, sedangkan untuk kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel yaitu kualitas produk sebesar 1,606 < 1,66901. Secara simultan harga, pelayanan, kualitas produk dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 36,833 > 2,03. Uji Adjusted R Square sebesar 0,678 = 67,8%. Artinya variabel harga, pelayanan, kualitas produk dan lokasi dapat menjelaskan kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Indah Sejenak sedangkan sisanya 32,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si. dan Idris Saleh, S.E.I., M.E.
Keywords: Harga; Pelayanan; Kualitas produk; Lokasi; Kepuasan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:53
Last Modified: 21 Sep 2023 01:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9300

Actions (login required)

View Item View Item