Harahap, Dewi (2018) Kecerdasan Emosional Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Kecerdasan emosional siswa merupakan kemampuan untuk mengendalikan emosi terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain dengan mengedepankan hati nurani. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kecerdasan emosional siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosional siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Sedangkan kegunaannya ialah yang dapat dilihat baik secara teoritis maupun praktis dalam mengenali Kecerdasan emosional siswa. Pembahasan ini berkaitan dengan bidang ilmu psikologi. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kecerdasan emosional seperti pengertian kecerdasan emosional, ciri-cirinya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif, yaitu untuk memperoleh informasi dengan mendeskripsikan peristiwa, kejadian yang ada dilapangan sesuai dengan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data adalah reduksi data, deskripsi data dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan adalah triangulasi sumber data. Hasil penemuan dalam penelitian ini bahwa siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan memiliki sikap yang mudah marah, menangis dan suka menyendiri yang disebabkan karena masih dalam tahap remaja yang penuh dengan gejolak dan masih mencari jati diri sehingga siswa mengambil keputusan sendiri tanpa memikirkan akibat terhadap apa yang diperbuat. Siswa berusaha untuk mengontrol emosi setiap kali merasa marah dan melakukan sebuah tindakan yang tidak sesuai dengan hati, sikap siswa yang mudah marah, mudah tersinggung walau itu terhadap suatu permasalahan tidak penting. siswa malas belajar karena jauh dari orangtua, keterbatasan biaya yang dimiliki, dan ketidak percayaan diri terhadap kemampuan yang dimiliki mengakibatkan siswa beranggapan cukup tamat dari sekolah dan tidak melanjut sampai jenjang perguruan tinggi. Mudah merasakan terhadap apa yang dirasakan oleh orang lain, membandingkan setiap perbuatan orang lain terhadap diri sendiri, rasa perduli terhadap sesama adalah salah satu empati yang dimiliki siswa tetapi beberapa diantaranya terkesan tidak perduli dan ada juga hanya mau perduli terhadap yang perduli padanya. Membina hubungan siswa bervariasi dari segi penyesuaian diri untuk dapat bergaul dengan orang lain dan membutuhkan waktu untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain, rasa pemalu siswa mengakibatkan lebih suka menyendiri, serta susah dalam menyesuaikan diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Sahadir Nasution M.Pd dan Zulhammi, M.Ag |
Keywords: | Kecerdasan Emosional Siswa; Mengendalikan Emosi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 03:30 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 05:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/930 |
Actions (login required)
View Item |