Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam mengembangkan kurikulum pada mata pelajaran al-Quran Hadist di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Islamiyah Babussalam Sihopuk Baru Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Yuli Yanti (2023) Upaya guru dalam mengembangkan kurikulum pada mata pelajaran al-Quran Hadist di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Islamiyah Babussalam Sihopuk Baru Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100250.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kurikulum pada mata pelajaran Al Quran Hadist di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Islamiyah Babussalam Sihopuk Baru Kecamatan Haongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini adalah kajian tentang guru Al Quran Hadist dalam megembangkan kurikulum. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya guru sebagai pengembang kurikulum dalam mata pelajaran Al Quran Hadist dan pengembang kurikulum harus mampu menterjemahkan, menjabarkan dan mentransformasikan nilai-nilai yang terkandung dalam kurikulum dan yang terkait dengan mata pelajaran Al Quran Hadist. Penelitian ini menggunakan proses pendekatan kualittaif deksriptif yaitu penelitian yang mengamati fenomenologis yang terjadi secara fakta dan menganalisisny dengan logika ilmiah induktif, sebagai informan adalah seorang guru studi Al Quran Hadist, seorang kepala Madrasah, dan peserta didik yang berjumlah 35 siiswa. Instrumennya ialah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan peneliti ialah perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamataan dan triangulasi. Upaya guru dalam mengembangkan kurikulum dilakukan untuk kepentingan pembelajaran. Pengembangan kurikulum sudah sesuai dengan acuan dasar kurikulum, yaitu memperhatikan tujuan pembelajaran, peran kurikulum, komponen-komponen kurikulum, azas-azas kurikulum, landasan kurikulum, prinsip-prinsip kurikulum, dan langkah-langkah menggunakan kurikulum. Setelah pengembangan kurikulum maka pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) juga harus dilakukan agar peserta didik memiliki ketertarikan terhadap materi mata pelajaran Al Quran Hadist dan juga memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengembangkan kurikulum mata pelajaran Al Quran Hadist di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Islamiyah Babussalam Sihopuk Baru Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara secara umum sudah berjalan dengan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd. dan Hj. Hamidah, M.Pd.
Keywords: Mengembangkan; Kurikulum; al-Quran Hadist
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:19
Last Modified: 20 Sep 2023 04:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9296

Actions (login required)

View Item View Item