Siregar, Intan Wahyuni (2023) Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan Tenun Silungkang di Kecamatan Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200185.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Usaha tenun ritonga di kecamatan sipirok kabupate tapanuli selatan merupakan usaha tenun silungkang yang memproduksi baji, rok, dan paroppa sadun. Usaha tenun ritonga ini sudah di kenal oleh masyarakat dipirok. Dalam hal ini peneliti bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran usaha tenun ritonga, faktor-faktor yang digunakan oleh usaha tenun ritonga dengan menggunakan analisis SWOT. Teori-teori yang digunaan dalam penelitian ini adalah pengertian strategi, pengertian pemasaran, pengertian pemasaran syariah, juan prusahaan dalam pemasaran, bauran pemasaran, pengertian penjualan, analisis SWOT yang meliputi yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Matriks SWOT meliputi matriks IFE, matriks EFE, dan matrik IE. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang yang terhubung dengan pembuat kain tenun silungkang dan pihak pemasaran dalam produk tersebut.teknik pengumpulan data adalah diperoleh dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Sementara teknik analisis datanya dengan menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa hasilnya adalah dilihat dari skor hasil matrik IFE yaitu 2,72, sedangkan total dari hasil matriks EFE adalah 2,45. Kemudian setelah dapat total dari kedua matriks maka akan di hasilkan hasil matriks IE. Selanjutnya setelah dapat hasil dari matriks IFE, EFE, dan IE maka akan dapat hasil matriks SWOT yaitu dengan strategi SO dengan mempertahankan kualitas produk, meningkatkan kualitas pemasaran, startaegi WO dengan mengembangkan sumber daya manusia dalam kegiatan mengembangkan usaha. Strategi ST yaitu meningkatkan promosi terhadap produk tenun dan meningkatkan inovasi dan kreatif terhadap produk. Strategi WT yaitu mempertahankan hubungan baik dengan masyarakat atau konsumen dan membangun strategi yang lebih unggul agar mampu bersaing secara global.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan M. Fauzan, M.E.I. |
Keywords: | Strategi; Marketing mix; Penjualan; Matriks SWOT |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 03:54 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 03:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9293 |
Actions (login required)
View Item |