Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al-Ahliyah Swasta Aek Badak

Padilah, Ummi (2023) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al-Ahliyah Swasta Aek Badak. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100286.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar maksimal di dapatkan karena usaha yang sungguh-sungguh dari siswa maupun guru sebagai pendidik. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri dan fakto yang berasal dari luar siswa. Faktor yang berasal dari dalam salah satunya ialah gaya belajar. Faktor luar diri siswa ialah keluarga, sekolah dan masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini Bagaimana Gaya Belajar, Dan bagaimana Hasil Belajar Siswa kelas VII Reguler Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Al-Ahliyah Swasta Aek Badak, Apakah Ada Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Reguler Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Al-Ahliyah Swasta Aek Badak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar siswa, hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh antara gaya belajar yang dimiliki oleh siswa dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi, ini merupakan metode pokok yang peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang gaya belajar. Metode dokumentasi pada penelitian ini merupakan metode pokok yang peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang nilai MID semester Hasil penelitian pengaruh gaya belajar ini menunjukkan bahwa, gaya belajar siswa kelas VII Reguler dari total keseluruhan sampel lebih cendrung ke gaya belajar auditorial dengan jumlah 15 siswa. Hasil belajar di kelas VII Reguler yang diambil dari nilai rata-rata ujian MID berada pada berada pada kategori rendah dengan nilai interval 60 dan 65. Ada pengaruh gaya belajar Auditoeial, Kinestetik dan Visual terhadap hasil belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VII Reguler Dengan ketentuan jika nilai fhitung > ftabel sig < 0,05 dengan ftabel dapat dilihat dengan nilai df (derajat keabsahab pembilang) dan (derajat keabsahan penyebut) =36 didapat 2,87 untuk taraf 5%. Maka dapat diketahui bahwa fhitung (3,192) besar f tabel (2,87) dan Sig 0,035 kecil 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Gaya belajar; Hasil belajar; Sejarah kebudayaan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:05
Last Modified: 18 Sep 2023 08:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9279

Actions (login required)

View Item View Item