Manullang, Putri Bungsu (2015) Penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas X-IPS 1 SMA N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0122.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pendekatan saintifik dengan model pembelajaran inkuiri, peneliti berharap akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Dalam penerapan pendekatan pembelajaran saintifik khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel diharapkan siswa dapat berperan aktif, kreatif, terampil, dan berakhlak mulia, menemukan dan menyelesaikan soal-soal. Secara umum penelitian ini mengupas permasalahan tentang apakah penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem Persamaan linear dua variabel kelas X-IPS 1 SMA N 2 Padangsidimpuan ? dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas X-IPS 1 SMA N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan di kelas (Classroom X-IPS 1) SMA Negeri 2 Padangsidimpuan, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan bentuk siklus berulang yang di dalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini ada 2 siklus dengan setiap siklus 2 kali pertemuan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan tes bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran inkuiri di SMA N 2 Padangsidimpuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar dengan observasi yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I pertemuan ke-1, masih ada siswa yang kurang aktif terbukti dengan sedikitnya siswa yang bertanya dan menanggapi. Tetapi, siswa cukup baik dalam menyelesaikan hasil diskusinya dalam catatan masing-masing. Pertemuan ke-2, siswa sudah mulai memperhatikan guru saat menjelaskan materi dan dalam diskusi siswa juga sudah mulai memahami pentingnya kerjasama dan tanggung jawab terhadap hasil diskusi kelompoknya dan juga saat mempersentasikan. Selanjutnya pada siklus II peningkatan terjadi dengan pesat, yaitu pada pertemuan ke-1 siswa lebih percaya diri dengan hasil kerjanya masing-masing tanpa bertanya kepada temannya, dengan kata lain siswa akan merasakan peningkatan kemampuan berfikir yang mereka miliki. Pertemuan ke-2, keaktifan dalam kelas meningkat baik dalam mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk diskusi kelompok. Rasa yakin siswa dalam menyelesaikan soal tes yang diberikan guru juga meningkat terlihat siswa memaparkan cara perhitungan yang tepat saat mengerjakan soal tes tersebut. Jadi, dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan observasi yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan pendekatan saintifik; model pembelajaran inkuiri; hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 03:08 |
Last Modified: | 24 Apr 2020 03:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/927 |
Actions (login required)
View Item |