Ritonga, Rio Alvin (2023) Penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi permainan bulu tangkis di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga khususnya pada materi permainan bulu tangkis harus mengacu pada kurikulum yang berlaku dan harus terlaksana dengan baik. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga khususnya pada materi permainan bulu tangkis di kelas IV guru masih menggunakan pendekatan konvensional dan kurangnya kreativitas guru dalam membuat proses permainan yang aktif, memberikan dampak pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament pada pembelajaran PJOK materi permainan bulu tangkis di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament pada materi permainan bulu tangkis di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan tepatnya di kelas IV-B dengan jumlah siswa 26 orang. Adapun instrumen pengumpulan data berupa soal tes, wawancara dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Berdasarkan penelitian tindakan kelas hasil yang diperoleh dari penelitianini yaituhasil tes awal rata-ratanya adalah 60,83 dengan jumlah siswa yang tuntas 7 orang (26,92%) dan yang belum tuntas 19 orang (73,08%). Setelah diadakan tindakan pada siklus I dengan model Teams Games Tournament rata-rata meningkat menjadi 71,15 dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang (46,15%) dan yang belum tuntas 14 orang (53,85%). Selisihnya (60,83) dan post test siklus I (71,15) adalah 10,32%. Setelah diadakan tindakan perbaikan pada siklus II masih dengan menggunakan model Teams Games Tournament nilai rata-rata meningkat menjadi 81,15 dengan jumlah siswa yang tuntas 21 orang (80,76%) dan yang belum tuntas 5 orang (19,24%). Selisih ketuntasan antara post test siklus I (71,15) dan post test siklus II (81,15) adalah 10%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Hasil belajar; Teams games tournament; Bulu tangkis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 03:30 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 03:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9264 |
Actions (login required)
View Item |