Masdelima, Masdelima (2023) Strategi Humas Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary dalam membangun citra positif Ma’had Al-Jami’ah di masyarakat Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1830100026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi fakta bahwa Ma’had Al-Jami’ah merupakan salah satu program unggulan dari Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary yang harus mempertahankan citranya melalui pemberitaan yang positif kepada masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan humas Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary dalam mempertahankan citra positif Ma’had Al-Jami’ah di masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan humas Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary dalam membangun citra positif Ma’had Al-Jami’ah di masyarakat kota Padangsidimpuan dan apa faktor yang menjadi pendukung dan pengahambat humas dalam membangun citra positif. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori citra. Citra adalah reputasi dan prestasi yang hendak dicapai dan juga merupakan sebagai persepsi konsumen terhadap perusahaan atau organisasi. Humas menggunakan dua tekhnik untuk mempengaruhi khalayak dalam menyampaikan informasi yakni Redudancy dan Canalizing. Penelitian ini dalam bidang Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendapatkan data-data dalam menjawab rumusan masalah yang telah diputuskan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur, dokumentasi dan observasi langsung kepada pihak humas. Hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa humas atau hubungan masyarakat menggunakan Strategi Publication menyebarkan informasi melalui media sosial untuk membangun Personal Branding (Redudancy), strategi marketing, dan strategi humas dalam promosi lapangan. Media sosial yang digunakan humas seperti Istagram, Youtobe, Facebook, Website, dan Tik Tok. Kemudian strategi marketing membina hubungan dengan pihak luar yakni dengan pemerintah daerah kota Padangsidimpuan dengan Mou, kemudian, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, dan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, tentunya bekerjasama dalam meningkatkan mutu pendidikan, baik segi bangunan, magang mahasiswa, tempat penelitian dan lain sebagainya. Selain itu humas juga menyebarkan brosur, spanduk, dan baliho untuk menyampaikan informasi. Serta bekerjasama dengan media cetak maupun online untuk melakukan perluasan dan pengembangan berita terkait Ma’had Al-Jami’ah. Humas menyebarkan informasi melalui media cetak pada saat ada event-event tertentu, media cetak yang digunakan seperti Metro Tabagsel, Waspada, Mimbar Umum, Realitas, Medan Bisnis, Harian Sembilan, Antara, dan Analisadaily.com. Humas juga menggunakan strategi sosialisai atau promosi lapangan dengan melakukan pendekatan secara person atau terjun langsung kelapangan seperti ke SMA, SMK, MAN dan Pondok Pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sholeh Fikri, M.Ag. dan Nurfitriani M. Siregar, M.Kom.I. |
Keywords: | Strategi humas; Citra positif; Ma’had Al-Jami’ah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 03:06 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 03:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9262 |
Actions (login required)
View Item |